Setelah melihat di berbagai situs tentang banyaknya kasus penipuan
yang dilakukan oleh toko online palsu, maka tergerak hati saya untuk
dapat memberikan informasi kepada masyarakat pengguna internet atau
masyarakat yang ingin memanfaatkan internet untuk belanja online.
Memang
tidak semua toko online itu melakukan penipuan, anda hanya perlu
mengetahui beberapa tips belanja online dengan aman. Beberapa hal yang
perlu anda selidiki sebelum anda memutuskan untuk melakukan transaksi
dengan toko online antara lain sebagai berikut :
1. Lakukan riset terhadap situs web tempat Anda berbelanja
Tips
ini harus dilakukan kalau Anda berbelanja seperti pakaian online di
situs web yang Anda sendiri kurang familiar. Periksa nomor telepon si
penjual dan hubungi.
Kalau tidak meyakinkan, kunjungi
mesin pencari Google atau Yahoo kemudian masukkan nama situs web itu.
Ketik di Googel atau Yahoo “Nama Web Toko Online Tersebut” lalu KLIK
Search.Carilah ulasan dari konsumen mereka. Kalau ada yang tidak beres,
sudahlah, tinggalkan saja situs web itu.
Saran saya jika anda RAGU
atau TIDAK YAKIN jangan menghubungi mereka dan tidak perlu menyakiti
hati mereka dengan menelpon/SMS mengatakan “nanti bapak penipu”, “ini
took beneran?” atau apalah kata-kata yang menyakiti. Jangan sampai anda
dibilang ORANG BODOH , sudah tahu RAGU atau TIDAK YAKIN masih juga
menghubungi mereka.
2. Baca baik-baik kebijakan situs web terhadap data pribadi Anda
Jangan sampai di kebijakan itu ada poin yang menyebutkan kalau pengelola situs web boleh memberikan data pribadi ke pihak lain.
Baca
juga kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak
bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi kalau barang yang dikirim
cacat, Anda boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja
diganti dengan barang baru atau uang Anda kembali.
Periksa juga siapa yang membayar pengembalian barang itu.
3. Periksa paket barang dengan membaca deskripsi produk baik-baik.
Sebaiknya
baca baik-baik tentang deskripsi produk apakah sudah sesuai dengan
keinginan anda atau belum. Tanyakan kepada operator secara detail.
4. Jangan mudah tergoda barang murah
Jangan
buru-buru jatuh cinta pada tawaran barang dengan harga murah yang
datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan password tanpa izin dari
pemilik e-mail. Itu biasanya kerjaan spammer.
Tapi
hati-hati, spammer bisa juga merayu. Ia mengirim e-mail yang seolah-olah
datang dari perusahaan baik-baik. Sebaiknya, kunjungi situs web
perusahaan baik-baik itu dan langsung belanja darisana. Jangan via
e-mail atau jendela pop-up.
5. Cari tanda kalau situs web itu aman
Tanda
itu biasanya berupa gambar gembok di baris status (status bar) browser.
Sebelum memasukkan informasi pribadi, periksa tanda itu ada.
Ketika
Anda diminta untuk memasukkan informasi pendaftaran nomor kartu kredit,
lihat alamat situs web. Harusnya alamat situs web berubah dari http ke
'shttp' atau 'https'. Artinya informasi pembayaran itu dienkripsi, lebih
amanlah pokoknya.
6. Amankan PC Anda
Minimal
PC Anda harus punya antivirus. Lebih baik lagi kalau punya anti spyware
dan firewall. Ingat, peranti lunak keamanan itu harus di-update secara
teratur agar PC terlindung dari ancaman terbaru. Baiknya, atur saja
proses update secara otomatis.
7. Pertimbangkanlah cara pembayaran
Pembayaran
biasanya dilakukan dengan kartu kredit. Dengan kartu kredit, Anda punya
bukti kuat kalau Anda sudah melakukan transaksi kalau barang tidak
diantar atau tidak sesuai pesanan.
Tapi, karena
banyaknya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan menggunakan
sistem seperti PayPal, Transfer Kirim, atau COD boleh dipertimbangkan.
8. Periksa harga total.
Harga
barang, plus ongkos bungkus, plus ongkos kirim, mudah-mudahan ada
diskonnya. Bandingkan harga total dari suatu situs web dengan situs web
lain.
9. Simpan bukti transaksi
Termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail antara Anda dengan penjual.
10. Matikan PC Anda setelah transaksi
Kalau
PC dinyalakan terus, bisa saja sudah ada garong yang sudah menanamkan
malware, mengambil alih kendali PC dan melakukan transaksi.
11.Jika anda Tertipu
Berikut
ini adalah link – link langsung yang menuju halaman pelaporan
berdasarkan penyedia websitenya. Contoh: www.gebyarmtronik.jimdo.com
berarti kita harus melaporkannya ke pihak Jimdo karena mereka adalah
pemilik server yang digunakan untuk alamat website tersebut.
Blogspot (https://support.google.com/blogger/answer/42577?hl=id&ref_topic=3030094)
Wordpress (http://en.wordpress.com/abuse/)
Jimdo (http://support.jimdo.com/contact/inappropriate-content/)
Atau Anda dapat langsung mengadukan kepada POLRI tentang Cyber Crime di contact dibawah ini :
E-mail :
ncb-jakarta@interpol.go.id
ncbipjkt@cbn.net.id
Untuk Pengaduan Terkait Penipuan Lewat Internet:
cyber-crime@polri.go.id
Sumber:
http://keishafloristbinjai.blogspot.co.id
Toko Bunga Keisha Florist
Toko Bunga Keisha Florist adalah Toko Bunga Online yang melayani pengiriman berbagai aneka karangan bunga dan parcel ke seluruh indonesia dengan layanan 24 jam online.Untuk Pemesanan silahkan hubungi operator kami di HP.081264802849 - 082272705409 Pin BB : 2B2BAEBB Email: keishaflorist@gmail.com Website : http://keishaflorist.com